Rabu, 09 Mei 2012

Golden Week Di Jepang




Golden Week
Minggu terakhir di bulan April hingga tanggal 5 Mei disebut dengan "Golden Week" di Jepang karena ada beberapa hari libur pada minggu itu ( selain hari sabtu dan minggu ). Banyak bisnis yang tutup selama seminggu sampai 10 hari pada saat "golden week" serta banyak orang melakukan perjalanan wisata baik didalam negeri Jepang maupun keluar negeri. Pusat hiburan dan pusat wisata akan banyak di kunjungi orang pada saat golden week. Juga airport dan stasiun-stasiun dipenuhi oleh orang yang berpergian.
Hari libur pertama yaitu 29 April yang merupakan "Midori no hi" atau "Greenery Day". Dahulu tanggal tersebut merupakan hari lahir dari kaisar Showa atau Hirohito yang wafat pada 1989. Setelah beliau wafat hari tersebut tetap diperingati sebagai hari libur nasional untuk lingkungan hidup karena kaisar Hirohito sangat menyukai tumbuhan dan alam. Namun sejak tahun 2007 nanti hari libur ini akan dinamakan sebagai Hari Showa sedang Greenery Day akan dipindahkan ke tanggal 4 Mei.
Hari libur kedua yaitu 3 Mei yang merupakan "Kenpo kinenbi" atau "Constitution Day" karena pada hari itu pada tahun 1947, Konsitusi negara jepang pasca perang dunia ( kedua ) resmi diberlakukan.
Libur berikutnya yaitu 4 Mei yang merupakan "Kokumin no kyujitsu" atau "Between Day". Menurut tradisi di Jepang, jika ada hari kerja diantara hari libur nasional maka akan dinyatakan sebagai hari libur nasional juga kecuali hari tersebut Minggu maka hari minggu tersebut merupakan hari libur seperti biasanya. Mulai tahun 2007, 4 Mei menjadi "Greenery Day" bukan "Between Day" lagi sebagai perpindahan dari tanggal 29 April.

Terakhir yaitu 5 Mei yang merupakan "Kodomo no hi" atau "Children's Day" adalah festifal bagi anak laki-laki "Tango no Sekku". Keluarga yang memiliki anak laki-laki akan berdoa untuk kesehatan dan kesuksesan anak-anak laki-lakinya dengan mengantung Koinobori atau layang-layang berbentuk ikan koi ( sejenis ikan mas ) serta memanjang "Gogatsu Ningyo" atau boneka samurai yang merupakan simbol dari kekuatan, kekuasaan dan kesuksesan hidup. Festifal bagi anak perempuan ( Hinamatsuri ) diperingati setiap tanggal 3 Maret.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Jakarta, Jakarta Barat, Indonesia
Jangan lupa dicheck, Page di Facebook https://www.facebook.com/pages/Anime-Indonesia/393785260643523