Sabtu, 19 Mei 2012

K-On!

 K-On! (けいおん! Keion!?) adalah manga/strip komik empat panel yang ditulis dan digambar oleh Kakifly. Manga ini dimuat bersambung di majalah Manga Time Kirara edisi Mei 2007 hingga Oktober 2010, dan Manga Time Kirara Carat, keduanya terbitan Houbunsha. Manga ini diluncurkan kembali pada April 2011 dengan dua alur cerita yang berbeda di Manga Time Kirara dan Manga Time Kirara Carat. Kyoto Animation mengadaptasi manga ini menjadi anime 13 episode yang ditayangkan di Jepang antara April dan Juni 2009. Sebuah episode video animasi original (OVA) dirilis pada Januari 2010. Musim kedua dibuat sebanyak 26 episode dengan judul K-On!! (ditulis dengan dua tanda seru). Musim kedua ditayangkan di Jepang dari April sampai September 2010, ditambah sebuah episode berbentuk OVA yang dirilis Maret 2011. Judul dari manga/serial anime ini diambil dari kata keiongaku (軽音楽?) yang artinya musik ringan yang dalam konteks bahasa Jepang sama artinya dengan musik pop.

Plot

K-On! bercerita mengenai empat siswi Sekolah Menengah Atas Sakuragaoka di Jepang. Sebagai kegiatan ekstrakurikuler, mereka bergabung dalam sebuah klub musik pop yang sudah hampir ditutup. Meskipun hanya mereka anggota dari klub itu, namun pada dasarnya mereka bukanlah orang-orang yang berpengalaman dalam bidang musik. Pada awalnya, Yui Hirasawa tidak memiliki pengalaman bermain alat musik atau membaca partitur. Dia hanya pernah bermain kastenyet, tapi akhirnya dia mahir bermain gitar. Sejak itu pula, Yui bersama pemain bass Mio Akiyama, pemain drum Ritsu Tainaka, dan pemain kibor Tsumugi Kotobuki menghabiskan waktu seusai pelajaran sekolah dengan berlatih, ikut serta dalam pertunjukan, atau sekadar jalan-jalan bersama. Klub ini diawasi oleh seorang guru musik bernama Sawako Yamanaka. Sawako nantinya menjadi wali kelas mereka pada akhir tahun mereka di SMA. Ketika mereka duduk di kelas 2 SMA, klub ini mendapat tambahan gitaris baru, bernama Azusa Nakano. Setelah Azusa bergabung, klub ini makin terstruktur dan lebih sering berlatih.

Pada akhir tahun ketiga, anggota senior klub ini, Yui, Ritsu, Mio, dan Tsumugi lulus SMA, dan mereka setuju untuk masuk ke universitas yang sama. Mereka kemudian bergabung dengan klub musik ringan di universitas bersama tiga teman baru (tiga orang tersebut merupakan satu band). Tiga teman baru mereka bernama Akira Wada (gitar), Ayame Yoshida (drum), dan Sachi Hayashi (bass). Sementara itu, Azusa Nakano yang masih duduk di kelas 3 SMA meneruskan klub musik ringan yang ditinggalkan oleh seniornya (Yui, Mio, Ritsu, Tsumugi). Azusa kemudian menjabat sebagai ketua klub, bersama Ui Hirasawa (adik perempuan Yui) sebagai gitaris dan Jun Suzuki (bass). Mereka merekrut dua orang siswa tahun pertama, yaitu Saitou Sumire sebagai pemain drum dan Nao Okuda.



 Manga

K-On! dimulai dengan manga empat panel yang ditul dan diilustrasikan oleh Kakifly. Manga diserialisasikan di majalah manga Houbunsha Manga Time Kirara antara Mei 2007 Oktober 2010 yang berakhir pada 9 September 2010. Volume tankōbonpertamanya dirilis pada 26 April 2008; volume keempat dan finalnya dirils pada 27 September 2010. Manga ini terlisensi oleh Yen Press untuk rilis Inggris, dengan volume pertama dirilis di Amerika Utara pada 30 November 2010. Di Indonesia, seri ini terlisensi oleh Elex Media Komputindo.




Anime


Sebuah anime adaptasi dengan 13 episode yang disutradarai oleh Naoko Yamada, ditulis oleh Reiko Yoshida, dan diproduksi oleh Kyoto Animation mengudara antara 3 April dan 26 Juni 2009 pada TBS di Jepang. Anime ini kemudian mengudara pada sub jaringan termasuk BS-i, MBS, dan Chubu-Nippon Broadcasting. TBS mengudara dalam rasio 4:3, dan seri ini kemudian mengudara dalam versi widescreen di BS-TBS pada 25 April 2009. Tujuh volume BD/DVD kompilasi dirilis oleh Pony Canyon antara 29 Juli 2009 dan 20 Januari 2010. Sebuah episode video animasi original (OVA) tambahan dirilis pada volume final BD/DVD pada 20 Januari 2010. Animax mengudarakan anime ini di Hong Kong dan Taiwan. Baik versi subtitle Inggris dan dubbing Inggris oleh Red Angel Media mulai mengudara pada 16 Maret 2010 pada Animax Asia. Pada Anime Expo 2010, distributor anime Bandai Entertainment mengumumkan bahwa mereka memperoleh lisensi K-On! untuk rilis DVD dan Blu-ray Disc, dengan Bang Zoom! Entertainment memproduksi dub Inggris untuk anime ini.

Sebuah pengumuman tampil pada layar saat konser langsung Let's Go di Yokohama, Jepang pada 30 Desember 2009 bahwa musim kedua akan diproduksi. Musim kedua, dengan judul K-On!! (dengan dua tanda seru), mengudara dengan 26 episode pada TBS di Jepang antara 7 April 2010 dan 28 September 2010. Sebuah episode OVA tambahan akan dirilis pada volume final BD/DVD pada 16 Maret 2011. Musim ini juga mengudara pada Animax Asia mulai 20 Oktober 2010.


Film

Setelah episode final anime K-On!! di TV menguadara, sebuah film anime diumumkan akan diproduksi oleh Kyoto Animation.



Musik

Lagu pembuka anime musim pertama adalah "Cagayake! Girls" oleh Aki Toyosaki bersama Yōko Hikasa, Satomi Satō dan Minako Kotobuki. Lagu penutupnya adalah "Don't Say 'Lazy'" oleh Hikasa dengan Toyosaki, Satō and Kotobuki. Single lagu pembuka dan penutup dirilis pada 22 April 2009. Sebuah single yang tercantum insert song "Fuwa Fuwa Time" (ふわふわ時間 Light and Fluffy Time?) yang digunakan pada episode enam dirilis pada 20 Mei 2009. Sebuah seri dari Lagu karakter dirilis yang terdiri dari lagu yang dinyanyikan oleh pengisi suara dari lima karakter utama. Single untuk Yui (oleh Toyosaki) dan Mio (oleh Hikasa) dirilis pada 17 Juni 2009. Single untuk Ritsu (oleh Satō) dan Tsumugi (oleh Kotobuki) pada awalnya ditunda, tetapi kemudian dirilis bersama dengan single untuk Azusa (oleh Ayana Taketatsu) pada 26 Agustus 2009. Single untuk Ui Hirasawa (oleh Madoka Yonezawa) dan Nodoka Manabe (oleh Chika Fujitō) dirilis pada 21 Oktober 2009. OST anime ini, yang sebagian besar dikomposisikan oleh Hajime Hyakkoku, dirilis pada 3 Juni 2009. Empat lagu yang terdapat dalam episode delapan dari anime dirilis dalam album mini Ho-kago Tea Time (放課後ティータイム After School Tea Time?) pada 22 Juli 2009. Single "Maddy Candy" oleh band Sawako Devil dirilis pada 12 Agustus 2009.

Lagu pembuka dari anime musim kedua adalah "Go! Go! Maniac" dan lagu penutupnya adalah "Listen!!"; dua lagu ini dinyanyikan oleh Toyosaki, Hikasa, Satō, Kotobuki, dan Taketatsu. Sebuah single yang terkandung dua lagu ini dirilis pada 28 April 2010. Dari episode 14 dan seterusnya, masing-masing lagu pembuka dan penutupnya adalah "Utauyo!! Miracle" dan "No, Thank You!", keduanya dinyanyikan oleh Toyosaki, Hikasa, Satō, Kotobuki, dan Taketatsu. Single yang terkandung dua lagu ini dirilis pada 4 Agustus 2010. Single "Pure Pure Heart" juga dinyanyikan oleh Toyosaki, Hikasa, Satō, Kotobuki, dan Taketatsu dirilis pada 2 Juni 2010. Single lainnya, "Love", oleh band Sawako Death Devil dirilis pada 23 Juni 2010. Sebuah single yang dinyanyikan oleh , "Gohan wa Okazu/U&I", dirilis pada 8 September 2010. Komposer Bice yang menulis lagu "Gohan wa Okazu" meninggal pada 26 Juli 2010 karena serangan jantung. Sebuah set lagu karakter kedua dirilis, dimulai dari single untuk Yui dan Mio pada 21 September 2010. Album pertunjukkan kedua, Ho-kago Tea Time II, dirilis pada double CD dan limited edition yang mempunyai bonus Kaset pada 27 Oktober 2010. Set single lagu untuk Ritsu, Tsumugi, dan Azusa dirilis pada 17 November 2010. Single dan album ini dirilis oleh Pony Canyon.


Album

K-On! Original Soundtrack
Album studio oleh Kompilasi
Dirilis     3 Juni 2009
Genre     Soundtrack
Label     Pony Canyon

Kompilasi

K-On! Original Soundtrack adalah album soundtrack yang dirilis pada tahun 2009 untuk mengiringi serial anime buatan Kyoto Animation yang berjudul K-On!. Album ini terdiri dari 36 lagu berbahasa Jepang.

Lagu pembuka untuk serial anime ini dinyanyikan oleh keempat pengisi suara karakter utama dalam serial tersebut yaitu Aki Toyosaki, Yōko Hikasa, Satomi Satō dan Minako Kotobuki dan berjudul "Cagayake! Girls". Sedangkan lagu penutup berjudul "Don't say 'lazy'" juga dinyanyikan oleh penyanyi yang sama.

K-On! Original Soundtrack diumumkan pada tanggal 3 Juni 2009; sebagian besar lagu dikarang oleh Hajime Hyakkoku.
Daftar lagu

    Have some tea?
    Morning dew
    Isogeya Isoge!
    Kawaii Inbo
    2 Hiki no Koneko
    Ii Yume Mitene
    Cotton candy
    Virtual love
    Tnapopo Takkyubin
    Ukkari Kimi no Tame ni
    Genki!
    Oba-chan no Dance
    The other side of evening sun
    Dead soldiers (Laugh)
    Hold on your love
    Falling reinforced concrete
    Small flashing
    Kendama-Kun
    Karui Jodan
    Crape wa Ikaga?
    Happy languidness
    Emerald green
    My hometown where it snows
    Ginsekai no Asa
    Tea at the night of Christmas
    Koneko no Ensokai
    Patrol of stroll
    Doki Doki Friday night
    Ringo. . . Ringo. . . Ringo Ame
    15-Sai no March
    Jajauma 3 Nin Musume
    Hesitation
    Pinch Daisuki!
    Dress ni Crape wa Niawanai?
    Anohi no Yume
    Happy End


Video game

Sebuah permainan video ritme berjudul K-On! Hōkago Live!! (けいおん! 放課後ライブ!! Keion! Hōkago Raibu!!?), yang dikembangkan oleh Sega untuk PlayStation Portable, dirilis pada 30 September 2010. Gameplay melibatkan pemain untuk mencocokan tombol dengan timing lagu yang ada di dalam anime. Permainan ini mendukung multipemain lokal sampai lima PSP. Permainan ini menghadirkan 19 lagu dari anime musim pertama dan set pertama dari CD lagu karakter. Pemain dapat mengubah baju, gaya rambut, dan aksesoris karakter, dan dapat mengubah ruangan klub musik ringan dan kamar Yui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Jakarta, Jakarta Barat, Indonesia
Jangan lupa dicheck, Page di Facebook https://www.facebook.com/pages/Anime-Indonesia/393785260643523