Selasa, 08 Mei 2012

Pengertian, Fungsi dan Jenis Haki

Perhatian : Artikel ini DIBUAT JAUH SEBELUM CHAPTER 3D2Y yang berisi tentang penjelasan Jenis-Jenis Haki oleh Rayleigh ada. Jadi harap dimaklumi kalau ada pertentangan dalam artikel ini, terima kasih.

Oke, here I go again.

HAKI ini bebeda dengan Hak Atas Kekayaan Intelektual, Haki yang saya maksud adalah istilah HAKI yang ada di dunia One Piece. Berikut ini penjelasannya secara singkat :

HAKI adalah sebuah kekuatan yang dimiliki oleh setiap manusia yang hidup di dunia ini. HAKI adalah indera yang dapat manusia rasakan secara ilmiah, tetapi kebanyakan manusia tak memperhatikan keberadaan kekuatan itu, atau juga gagal untuk membangun kekuatan itu seumur hidup. Secara umum HAKI digolongkan menjadi 2, yaitu :

" Kenbunshoku Haki " ( Keberadaan )

Ini untuk mengetahui keberadaan musuh secara kuat yang bahkan kita tak melihatnya, jumlah musuh dan langkah apa yg akan dilakukan musuh selanjutnya dan biasa disebut HAKI " Aura Pengamatan ", di Skypea di sebut MANTRA.



Pengguna HAKI ini :

Aisa
Boa Sandersonia
Coby
Edward Newgate
Enel
Gedatsu
Monkey D. Luffy
Ohm
Satori
Shura
Silvers Rayleigh


" Busōshoku Haki " ( Ambisi )

Dengan HAKI ini kita jadi seperti sedang menggunakan baju pelindung yang tak terlihat, untuk pertahanan dan juga bisa untuk menyerang, dalam HAKI kekuatan ini yang paling berguna, karena dapat menyerang kelemahan musuh dan sangat tepat digunakan untuk menyerang pemakan buah setan, meskipun pemakan buah tipe Logia yang tak berwujud, jadi bisa mengadakan kontak langsung dengan tubuh asli pengguna logia tsb, kekuatan ini juga ditanam di panah Bajak Laut Kuja, Haki ini biasa disebut " Aura Pertahanan ".

Pengguna HAKI ini :

Akainu
Aokiji
Boa Hancock
Boa Marigold
Boa Sandersonia
Benn Beckman
Edward Newgate
Jozu
Kizaru
Marco
Monkey D. Garp
Monkey D. Luffy
Sentomaru
Shanks
Silvers Rayleigh
Vista

Dan ini HAKI yang paling jarang orang memilikinya adalah :

" Haōshoku Haki " ( Intimidasi )

Haki tipe ini berguna untuk mengintimidasi musuh, bisa di kontrol namun tidak bisa di latih atau di pelajari, hanya muncul dari ambisi individunya sendiri atau bisa di anggap sebagai BAKAT, jika belum terbiasa bisa melukai tubuh sendiri dan orang di dekatnya. HAKI ini biasa di sebut " Aura Raja Penakluk ".

Pengguna HAKI ini :

Boa Hancock
Edward Newgate
Monkey D. Luffy
Portgas D. Ace
Shanks
Silvers Rayleigh


Akumau menjelaskan teoriku tentang fungsi haki.
Dibagi dua. Yaitu fungsi dasar dan fungsi khusus.
Fungi dasar artinya siapapun pengguna haki dan apapun jenis hakinya bisa melakukan fungsi ini.
Ada dua Fungsi dasar yaitu :
Dialirkan ke anggota tubuh, anggota tubuh yang dialiri jaki akan

Bisa menetralkan DF users di bagian yang bersentuhan.
Memiliki damage serangan lebih besar daripada tanpa haki.
Jika dialirkan ke bagian tubuh yang lemah (ex rambut), bisa menjadikannya keras. (contohnya hanya rambut sandersonia)


Dialirkan ke sebuah media, media tersebut akan
Bisa menetralkan DF ability di bagian yang bersentuhan
Memiliki resistansi (daya tahan) terhadap daya rusak luar (ex lava)
Jika media itu lunak atau tidak solid, bisa menjadi Kuat seperti baja. (ex Ular yang melilit Luffy di arena, pistol Kiss Hancock, tongkat ular Nyon)



Fungsi Khusus adalah fungsi haki yang bisa digunakan jenis haki golongan tertentu saja.

Haoushoku Haki (Great King)
Merupakan Haki yang berdiri di atas yang lain. Aku analisakan jika antar haki bentrok, Haoushoku akan menang dengan mudah. Selain dua fungsi dasar di atas, Haki jenis ini bisa digunakan untuk mengintimidasi lawan, dan bagi yang “mentalnya lemah” bakal pingsan.

Haki yang disebut Mantra
Lebih populer di Pulau Langit. Aku kategorikan Mantra sebagai salah satu jenis Haki. Fungsi khususnya (selain dua fungsi dasar di atas) adalah mendengarkan suara di suatu wilayah, dan dengan kemampuan itu bisa memprediksi serangan seseorang.

Lalu akan muncul pertanyaan
“kenapa Enel dan 4 pendetanya justru tidak bisa melakukan 2 fungsi Dasar haki? Padahal fungsi Khususnya yang membaca serangan dan mendengarkan suara bisa?”
Kelihatannya melihat kesimpulan Enel dan kawan-kawan yang berada di Skypiea tidak begitu paham benar dengan kekuatan yang mereka miliki (karena letak geografis dan kurangnya Informasi). Sehingga tidak tahu bahwa Haki (yang mereka sebut Mantra) sebenarnya bisa menetralkan DF users dan dialirkan ke sebuah senjata.

Haki “pemental serangan”
Aku menyadari adanya haki ini karena kata-kata Marygold ke Luffy. “tidak berguna, kau lihatkan aku bisa mementalkan seranganmu barusan?” dan melihat kesamaan gerakan Marygold dan Sentoumaru.


3 ADMIRAL punya Haki Sejenis dengan Marygold dan Sentoumaru!

Di anime Zoro membuat seorang bandit (bounty hunters?) menjadi gila dengan kekuatan mental. Itu sebuah jenis haki yang lain? siapa tahu.

Bagaimana menurut kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Jakarta, Jakarta Barat, Indonesia
Jangan lupa dicheck, Page di Facebook https://www.facebook.com/pages/Anime-Indonesia/393785260643523